Senin, 05 Mei 2014

Tugas 4. Teori Organisasi Umum 2: Permintaan

Faktor yang mempengaruhi permintaan
Secara sederhana telah digambarkan bahwa kemampuan manusia melakukan permitaan tidaklah tetap melainkan selalu berubah-ubah, kadang naik, kadang turun. Ketidaktetapan kemampuan manusia ini dipengaruhi oelh beberapa faktor yang membuatnya dapat terjadi, yaitu:

  • Harga Barang itu Sendiri: Harga dari barang atau jasa merupakan faktor utama yang akan mempengaruhi apakah ia akan banyak terjual atau tidak. Bilah harganya murah, tingkat permintaan akan barang atau jasa tersebut akan tinggal ataau laku terjual. Sebaliknya, tingkat permintaannya akan menurun bila harga barang atau jasa tersebut mahal.
  • Pendapatan Masyarakat: Perubahan pendapatan selain menimbulkan perubahan terhadap permintaan barang dan jasa karena pendapatan merupakan gambaran daya beli masyarakat. Jika pendapatan rata-rata masyarakat baik, maka permintaan barang dan jasa akan meningkat pula. Kondisi itu akan terbalik, jika pendapatan rata-rata masyarakat turun karena akan menurunkan kemampuan untuk melalukan permintaan.
  • Selera Masyarakat: Selera masyarakat yang berhubungan erat dengan mode berpengaruh besar terhadap permintaan barang dan jasa. Jika selera masyarakat terhadap suatu barang dan jasa lagi tinggi, maka jumlah permintaan atas barang dan jasa tersebut akan meningkat. Sebaliknya, jika selera masyarakat terhadap suatu barang dan jasa akan menurun, contohnya, karena pemakaian ponsel lagi ngetrend saat ini permintaan akan ponsel akan meningkat, sebaliknya, karean sudah ketinggalan style pemakaian telpon rumah, maka telpon rumah kurang laku lagi.
  • Kualitas Barang: Secara umum setiap orang menginginkan barang dan jasa yang akan dibelinya memiliki kualitas yang baik, Oleh karena itu, kualitas sangat mempengaruhi tingkat permintaan suatu barang barang dan jasa. Jika kualitas suatu barang atau jasa tinggi, maka permintaan masyarakat untuk memiliki barang tersebut tinggi. Sebaliknya, tingkat permintaan konsumen cenderung menurun jika kualitas barang tersebut rendah.
  • Harga Barang lain Yang berkaitan: Tinggi rendahnya jumlah permintaan akan dipengaruhi pula oleh harga baang lain yang berhubungan dengannnya, yaitu barang pengganti atau subtitusi atau pelengkap.
  • Waktu: Faktor aktu berepngaruh terhadap banyak atau sedikitnya permintaan suatu barang. Hal itu dapat dilihat dengan tingginya permintaan jas hujan saat musim penghujan. Sebaliknya tingkat permintaan jas hujan akan menurun jika musim kemarau telah tiba.
  • Jumlah penduduk: Setiap peningkatan jumlah penduduk dalam suatu wilayah memiliki arti pula kebutuhan akan barang dan jasa di wilayah utu pun mengalami peningkatan. peningkatan kebutuhan ini cenderung akan mendorong meningkatnya tingkat permintaan terhadap barang dan jasa.
  • Ramalan Masa datang: Ramalan masa datang yang memperkirakan keadaan ekonomi apakah lebih maju atau terpuruk mrupakan faktor lainnya yang turut mempengaruhi tingkat harga yang berlaku. Olehnya itu, ramalan masa mendatang memungkinkan permintaan bertambah naik atau malah turun.
Demikianlah artikel ekonomi Pustaka Sekolah mengenai pengertian permintaan: Faktor yang mempengaruhi Permintaan, semoga artikel ini tentunya dapat memberikan informasi yang memebrikan manfaat bagi kita semua.

sumber : http://www.pustakasekolah.com/pengertian-permintaan-faktor-yang-mempengaruhi-permintaan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar